Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja UMKM Kelas Menengah Area Bandung Berdasarkan Kategori Fokus Pelanggan MBCFPE
Kata Kunci:
UMKM, Pengukuran Kinerja, MBCfPE, Fokus Pelanggan, Suara Pelanggan, Kerekatan Pelanggan, PLS-SEM,, Hasil KinerjaAbstrak
Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan salah satu pemeran utama dalam pembangunan perekonomian nasional dengan penyerapan tenaga kerja sebesar 96,92%. Semakin bertambahnya pelaku usaha mengharuskan UMKM memiliki rencana strategis dalam bersaing, namun masih memiliki keterbatasan dalam menciptakan pangsa pasar, segmen pasar, serta kurangnya pendekatan manajemen loyalitas terhadap pelanggan. Malcolm baldrige criteria for performance excellence (MBCfPE) merupakan suatu pendekatan dalam mengukur capaian kinerja untuk meningkatkan hasil produk dan sikap kompetitif pelaku usaha, salah satunya dengan berorientasi pada pelanggan meliputi suara pelanggan dan kerekatan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor yang berpengaruh terhadap hasil kinerja UMKM kelas menengah Area Bandung. Hasil pengolahan data dengan menggunakan metode PLS-SEM yaitu software SmartPLS 4.0, menunjukkan bahwa suara pelanggan dan kerekatan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap hasil fokus pelanggan, serta kerekatan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap hasil keuangan dan pasar.