Pengaruh Service Quality Terhadap Brand Image pada Institusi Pendidikan
Kata Kunci:
Institusi Pendidikan, Service Quality, Brand Image, SEM-PLSAbstrak
Organisasi merupakan salah satu aspek yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia dalam setiap tingkatan kehidupan (Winardi, J., 2003). Organisasi membantu manusia dalam mencapai suatu tujuan dan kebutuhan tertentu dengan melalui berbagai pertimbangan agar hasil yang didapat sesuai dengan keinginan. Salah satu pertimbangan yang harus diperhatikan oleh organisasi yaitu brand image. Institut Teknologi Nasional (Itenas) sebagai institusi pendidikan pastinya mengupayakan peningkatan brand image Itenas di masyarakat. Hal tersebut yang mendorong dilakukannya penelitian untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari service quality yang diberikan oleh Itenas terhadap brand image masyarakat. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode SEM-PLS. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa variabel service quality mempengaruhi brand image secara signifikan dan arah pengaruhnya adalah positif. Hal tersebut dapat menjadi dasar dalam peningkatan nilai brand image melalui aspek service quality.