Analisis Perbaikan Kualitas Pelayanan dengan Metode Service Quality dan Importance Performance Analysis (IPA) pada Rumah Makan Ayam Ingkung Lastri

Penulis

  • WAHYU YUDHA PRATAMA
  • YUNIAR YUNIAR

Kata Kunci:

Service Quality, Importance Performance Analysis

Abstrak

Rumah makan Ayam Ingkung Lastri merupakan bidang usaha kuliner yang menyediakan masakan ayam kampung berkuah santan khas Jawa yang terkenal di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Rumah makan Ayam Ingkung Lastri berdiri pada tahun 2019 yang berawal dari pemilik memiliki hobi memasak dan menjualnya secara online hingga membangun rumah makan sendiri berlokasi di Cimahi Tengah. Terdapat masalah pada rumah makan ini yaitu kalah persaingan dengan rumah makan lain disekitarnya dan berkurangnya pengunjung rumah makan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbaikan untuk peningkatan kualitas pelayanan dengan menganalisis hasil kuesioner persepsi dan ekspektasi yang dibagikan kepada pelanggan. Pengolahan data menggunakan metode service quality dan importance performance analysis (IPA). Metode service quality untuk menganalisis kesenjangan antara persepsi dan ekspektasi pelanggan. Bila nilai kesenjangan antara persepsi dan ekspektasi bernilai negatif maka persepsi atribut tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan pelanggan. Metode importance performance analysis (IPA) untuk menganalisis prioritas atribut yang akan dilakukan perbaikan. Setelah didapat prioritas atribut perbaikan dilakukan analisis perbaikan dengan tree diagram agar didapat akar permasalahan tiap atribut serta solusi terbaik yang dapat dilakukan. Hasil dari penelitian ini adalah solusi terbaik dari hasil analisis perbaikan tree diagram pada rumah makan Ayam Ingkung Lastri.

Diterbitkan

2023-02-23