Usulan Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis Strengths, Weakness, Opportunity, Threats dan Quantitative Strategic Planning Matrix pada Kora Coffee

Penulis

  • Rifki Fajari Supriatna
  • Yuniar Yuniar

Kata Kunci:

Matriks IFE, EFE, SWOT

Abstrak

Kora Coffee merupakan bisnis kuliner yang menjual makanan dan minuman yang berdiri pada tahun 2020. Kora Coffee pada bulan Juli sampai dengan Oktober 2021 mengalami penurunan omzet sebesar 17%. Jika penurunan ini terjadi terus menerus akan berdampak keberlangsungan Kora Coffee. Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan dengan cara membuat strategi pemasaran yang khusus untuk digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan strategi pemasaran yang dapat diterapkan pada usaha Kora Coffee. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis strengths, weakness, opportunity, threats (SWOT) dan quantitative strategic planning matrix (QSPM). Dengan analisis SWOT akan diketahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki oleh perusahaan. Hasil yang didapatkan dari SWOT yaitu alternatif strategi yang berjumlah tiga belas strategi pemasaran dengan posisi kafe berada di kuadran IV yaitu tumbuh dan membangun. Pada QSPM didapatkan prioritas strategi dengan nilai teratas yang didahulukan ada tiga yaitu meningkatkan kegiatan promosi di media online, melakukan kegiatan promosi yang kreatif, melakukan suatu kerja dengan influencer.

Diterbitkan

2023-02-23