ANALISIS PEMILIHAN SUPPLIER OUTSOLE MENGGUNAKAN METODE FUZZY ANALYTICAL NETWORK PROCESS (F-ANP) DI PT X

Penulis

  • MUHAMMAD AZHIMAN PRIHADI Program Studi Teknik industri, Institut Teknologi Nasional
  • ARIF IMRAN Program Studi Teknik industri, Institut Teknologi Nasional

Kata Kunci:

fuzzy, ANP, F-ANP, SCM, MCDM, Supplier Selection

Abstrak

PT X is a company which operate in the footwear industry, including the shoes production and marketing local and international markets. PT X has problems in selecting suppliers, because they only considering price and payment flexibility without considering other criteria. Problems in supplier selection can be overcome using the F-ANP (Fuzzy Analytical Network Process) method, a combination method between the ANP method which is included in MCDM (Multi Criteria Decision Making) which can make decisions by considering the relationship between criteria and sub-criteria, as well as the fuzzy logic method which overcome the unclear data obtained from the ANP questionnaire. Price criteria and supplier reputation subcriteria are the chosen criteria and subcriteria in selecting suppliers because they are number one in the criteria and sub-criteria ranking. The results of this research are the order of outsole suppliers in the form of a ranking where supplier L is the supplier that should be selected because it meets the criteria and sub-criteria that according to needs.

AbstrakĀ 

PT X merupakan perusahaan yang bergerak di industri alas kaki, meliputi produksi dan pemasaran sepatu ke pasar lokal dan internasional. PT X memiliki kendala dalam hal pemilihan supplier yaitu hanya mempertimbangkan harga dan fleksibilitas pembayaran saja tanpa mempertimbangkan kriteria lain. Permasalahan dalam hal pemilihan supplier dapat diatasi menggunakan metode F-ANP (Fuzzy Analytical Network Process) metode penggabungan antara metode ANP yang termasuk ke dalam MCDM (Multi Criteria Decision Making) yang dapat mengambil keputusan dengan pertimbangan keterkaitan kriteria dan subkriteria, serta metode fuzzy logic yang mengatasi ketidakjelasan data hasil kuesioner ANP yang didapat. Kriteria harga dan subkriteria reputasi supplier merupakan kriteria dan subkriteria yang digunakan dalam pemilihan supplier karena berada di peringkat pertama dalam urutan kriteria dan subkriteria. Hasil penelitian ini adalah urutan supplier outsole berupa peringkat di mana supplier L merupakan supplier yang perlu dipilih karena memiliki dan memenuhi kriteria serta subkriteria yang sesuai dengan kebutuhan.

Diterbitkan

2024-12-09