Usulan Peningkatan Brand Equity Produk RSV Helmet Untuk Meningkatkan Penjualan

Penulis

  • MUHAMMAD ALFATH RIZQI Program Studi Teknik Industri Institut Teknologi Nasional Bandung
  • ABU BAKAR Program Studi Teknik Industri Institut Teknologi Nasional Bandung

Kata Kunci:

Brand Equity, Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Association, Brand Loyalty

Abstrak

RSV Helmet merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang produsen helm. Saat
ini, jumlah pengguna helm RSV lebih rendah dibandingkan dengan merek
kompetitornya. Hal tersebut menunjukkan bahwa RSV Helmet belum memiliki merek
yang kuat, sehingga perlu adanya perlakuan upaya peningkatan ekuitas merek (brand
equity). Penelitan bertujuan untuk memberikan rancangan usulan peningkatan brand
equity RSV Helmet. Persentase dari dimensi brand awareness RSV Helmet adalah 3,5%
pada tahun 2021. Pada perceived quality, nilai rata-rata kepuasan RSV Helmet sebesar
4,15 yang mengartikan bahwa kepuasan responden terhadap RSV Helmet sudah cukup
baik namun masih belum baik dibandingkan kompetitornya. RSV Helmet memiliki 7
asosiasi positif yang terbentuk. Pengguna RSV Helmet berada pada tingkatan price
buyer. Usulan yang diberikan untuk pihak RSV Helmet adalah menjadi sponsor
kegiatan atau event otomotif, memperbaiki kualitas. Selain itu RSV Helmet perlu
menetapkan asosiasi utama yang terbentuk, dan RSV Helmet perlu memperlakukan
pelanggan dengan benar sebagai salah satu cara untuk tetap dekat dengan konsumen.


ABSTRACT
RSV Helmet is a company engaged in helmet manufacturers. Currently, the number
of RSV helmet users is lower than its competitor brands. This shows that RSV Helmet
does not yet have a strong brand, therefore it is necessary to perform particular
efforts to increase their brand equity. The research aims to provide a draft proposal
in which can help RSV Helmet increase their brand equity. The percentage of the
RSV Helmet brand awareness dimension is 3.5% in 2021. On perceived quality, the
average value of RSV Helmet satisfaction is 4.15 which means that respondents'
satisfaction with RSV Helmet is quite good but still not good compared to its
competitors. RSV Helmet had 7 positive associations. RSV Helmet users are at the
price buyer level. The proposal given to RSV Helmet is to become a sponsor of
automotive activities or events, improve quality. In addition, RSV Helmet needs to
establish the main associations that form. Lastly, RSV Helmet needs to treat
customers properly as a way to keep their costumers close.

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-03