Strategi Peningkatan Daya Saing Pada PT. XY Menggunakan Analisis SWOT dan Analytical Hierarchy Process (AHP)

Penulis

  • Nur Hijahamrina Rosyada
  • Yuniar
  • Abu Bakar Fakultas Teknik Industri Institut Teknologi Nasional Bandung

Kata Kunci:

SWOT Analysis, AHP, Porter’s Five Forces, Marketing Mix (7P), Analisis SWOT

Abstrak

PT Gerbang Amanah Gemilang experienced a decrease in sales volume from the
competition of six business companies in Cilegon City, Banten. The company as a business organization that has the main objective of obtaining maximum profit must have a strategy by managing resources as well as possible in order to compete with other companies. PT. Gerbang Amanah Gemilang is a local agricultural product processing industry that produces various chips with the budeddy's chips brand. The strategy carried out previously did not achieve the target in 2022 due to more intense competition in conducting online and offline marketing. Efforts that have been made have not reached the target, making revenue fluctuate and uncertain. The company needs to have a strategy so that sales volume increases, namely by using SWOT Analysis and AHP. SWOT analysis requires several internal factors and external factors as a reference for obtaining company strategies, namely by using the 7P Marketing Mix Analysis method and Porter's Five Forces Analysis to obtain IFAS and EFAS results which will be used in the IE matrix to determine the company's position, then designing a SWOT matrix to produce several alternative paired strategies which will be processed using AHP as decision making. Alternative strategies implemented by the company are the addition of storefronts to the Tiktok application Keywords: SWOT Analysis, AHP, Porter’s Five Forces, Marketing Mix (7P)

PT. XY mengalami penurunan volume penjualan dari terjadinya persaingan enam bisnis perusahaan di Kota Cilegon, Banten. Perusahaan sebagai suatu organisasi bisnis yang memiliki tujuan utama yaitu memperoleh laba yang maksimal harus memiliki strategi dengan mengelola sumber daya sebaik mungkin agar mampu bersaing dengan perusahaan lain. PT. XY merupakan industri pengolahan hasil pertanian lokal yang memproduksi aneka keripik dengan brand budeddy’s keripik. Strategi yang dilakukan sebelumnya tidak memperoleh capaian target pada tahun 2022 karena persaingan yang lebih gencar dalam melakukan pemasaran secara online dan offline. Upaya yang sudah dilakukan belum mencapai target membuat pendapatan berfluktuasi dan tidak menentu. Perusahaan perlu memiliki strategi agar volume penjualan mengalami peningkatan yaitu dengan menggunakan Analisis SWOT dan AHP. Analisis SWOT membutuhkan beberapa faktor internal dan faktor eksternal sebagai acuan untuk memperoleh strategi perusahaan, yaitu dengan menggunakan metode Analisis 7P Marketing Mix dan Analisis Porter’s Five Forces untuk memperoleh hasil IFAS dan EFAS yang akan digunakan pada matriks IE untuk menentukan posisi perusahaan, Selanjutnya merancang matriks SWOT untuk menghasilkan beberapa alternatif strategi berpasangan yang akan diproses dengan menggunakan AHP sebagai pengambilan keputusan. Alternatif strategi yang diimplementasikan oleh perusahaan adalah penambahan etalase pada aplikasi Tiktok dan aplikasi shopee, perluasan pangsa pasar sehingga melaksanakan kegiatan promosi dalam skala tingkat Provinsi, yaitu Kota Makassar dan Jakarta, melakukan kolaborasi pada brand sejenis, dan pemberian promo pada beberapa produk inovatif kepada para konsumen. Kata kunci: Analisis SWOT , AHP, Porter’s Five Forces, Marketing Mix (7P)

 

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-09