Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2022-07-06. Baca versi terbaru.

Rancang Bangun Sistem Pengukur Sudut Leanmeter pada Motor Roda Dua

Penulis

  • Dhio Farras Teknik Elektro Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Niken Syafitri Teknik Elektro Institut Teknologi Nasional Bandung

Kata Kunci:

Arduino Nano, fungsi tambahan, MPU6050, sudut kemiringan, teknologi otomotif, additional functions, automotive technology, tilt angle

Abstrak

ABSTRAK
Pengembangan teknologi pada dunia otomotif merupakan hal yang dapat meningkatkan kualitas berkendara dan kendaraan itu sendiri. Dalam penelitian ini akan dirancang sebuah sistem yang dapat mengukur dan menampilkan besar sudut kemiringan dari kendaraan motor roda dua. Modul MPU6050 akan dipergunakan dalam mencari besaran fisik dari besarnya sudut yang dihasilkan oleh motor roda dua saat berbelok dengan kemiringan. Mikrokontroler juga akan diperkerjakan untuk menghilangkan besaran fisik dari kendaraan itu sendiri seperti getaran dan gaya sentripetal yang dapat mengacaukan data data yang dihasilkan. Dengan begitu, sistem ini dapat menghasilkan akurasi sebesar ± 0,08 dan presisi sebesar ± 0,07 (dalam penggambilan data dari 0° hingga 45°. Setelah sistem melakukan berbagai komputasi dan menghasilkan besaran sudut, besaran ini akan ditampilkan pada layar LCD sehingga pengendara dapat mengetahui besar kemiringan dari kendaraan tersebut. Dengan pengatahuan terhadap besaran sudut yang dihasilkan, ini dapat menjadi akar dari sistem sistem lainnya yang dapat dikembangkan terhadap motor roda dua.

ABSTRACT
Technology development in the automotive world is something that can improve the quality of driving and vehicle itself. This research will design a system that can measure and display the tilt angle of a two-wheeled motorcycle. The MPU6050 will used to find the physical quantity of the angle generated by two-wheeled motor when turning a corner. Arduino Nano will used to eliminate physical quantities from the vehicle itself such vibrations and centripetal forces which can seriously disrupt the resulting data. This system can produce an accuracy of ±0.08 and a precision of ±0.07 (retrieving data from 0° to 45°). After it performs various computations and produces angular magnitudes, this quantity will displayed on the LCD screen so the driver show the magnitude of the slope of the vehicle. By knowing the magnitude of the resulting angle, this can be the root of other systems that can developed for two-wheeled motorbikes.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-14 — Diperbaharui pada 2022-07-06

Versi