Usulan Strategi Pemasaran Rumah Makan Ayam Kremes Berkat Menggunakan Metode Multidimensional Scaling

Penulis

  • FRANSISCA MARIA
  • HENDANG SETYO RUKMI

Kata Kunci:

Persepsi dan Preferensi, Multidimensional Scaling, Strategi Pemasaran

Abstrak

Rumah Makan Ayam Kremes Berkat berdiri pada tahun 2019 dan menjadi pelopor berdirinya
rumah makan berbagai jenis ayam yang berdiri di Taman Cibaduyut Indah. Namun saat ini
Rumah Makan Ayam Kremes Berkat mengalami penurunan pendapatan penjualan
dikarenakan banyaknya pesaing dan adanya pandemi Covid-19. Pihak manajemen Rumah
Makan Ayam Kremes Berkat menduga bahwa ada perubahan persepsi dan preferensi
konsumen dalam pembelian di rumah makan sehingga perlu dilakukan strategi pemasaran
yang efektif. Identifikasi atribut pemilihan rumah makan menggunakan pendekatan
marketing mix 7P. Pengolahan data menggunakan metode Multidimensional Scaling dan
metode Crosstab. Pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling. Terdapat 18
atribut dari 42 atribut rumah makan yang dipentingkan konsumen. Rumah Makan Ayam
Kremes Berkat kalah beberapa aspek dari pesaing terdekatnya Rumah Makan Ayam Taliwang
yaitu product, process, place, people, dan physical evidence, sedangkan untuk aspek price
dan promotion Rumah Makan Ayam Kremes Berkat unggul dibandingkan Rumah Makan
Ayam Taliwang.

Diterbitkan

2023-02-23