Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Minat Ulang Penyewaan Coworking Space

Penulis

  • Aziz Laksamana Putra Lubis
  • Hendang Setyo Rukmi

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Partial Least-Square, Coworking Space, Minat Ulang

Abstrak

Coworking space merupakan suatu tempat yang dapat disewa untuk keperluan meeting, mengerjakan tugas dan keperluan lainnya. Kota Bandung merupakan salah kota pelajar. Pertumbuhan sekolah dan perguruan tinggi di Kota Bandung yang pesat berdampak terhadap banyaknya pelajar dan mahasiswa. Berdasarkan data statistik Kemendikbud jumlah SMA dan SMK di Kota Bandung sebanyak 269 dan berdasarkan data statistik yang didapatkan dari BPS jumlah perguruan tinggi sebanyak 107. Jumlah pelajar dan mahasiswa di Kota Bandung yang cukup banyak tersebut merupakan pasar potensial untuk bisnis penyewaan coworking space. Banyaknya coworking space di Kota Bandung tersebut menyebabkan tingkat persaingan coworking space tinggi. Coworking space harus mencari cara untuk meningkatkan minat konsumen pelajar dan mahasiswa dalam menyewa kembali coworking space. Metode yang digunakan adalah Partial Least-Square untuk menganalisis hal apa saja yang mempengaruhi minat ulang penyewaan coworking space. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap minat ulang penyewaan coworking space.

Diterbitkan

2023-02-23