Usulan Strategi Pemasaran Kaos Dalam Comic Berdasarkan Perceptual Mapping Menggunakan Multidimensional Scaling (MDS)

Penulis

  • Alfian Nur Rizqiansyah
  • Arie Desrianty
  • Ratna Puspitaningsih

Kata Kunci:

bauran pemasaran, preferensi dan persepsi, Multidimensional Scaling (MDS), strategi pemasaran

Abstrak

PD. Hudayana merupakan konveksi yang bergerak di bidang industri tekstil produksi kaos dalam Comic. Perusahaan saat ini mengalami penurunan penjualan kaos dalam Comic untuk pasar wilayah lokal. Kondisi tersebut mengharuskan pihak perusahaan untuk merancang strategi pemasaran yang tepat untuk mengungguli pesaing produk kaos dalam sejenisnya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan strategi pemasaran produk kaos dalam Comic berdasarkan hasil analisis menggunakan Multidimensional Scaling (MDS). Hasil pengolahan data menunjukkan terdapat 23 atribut yang dipentingkan oleh responden. Berdasarkan hasil pemetaan MDS, kaos dalam Comic memiliki keunggulan dari Harga, kemasan, variasi ukuran, attitude karyawan, ketersediaan produk dari pesaing lainnya. Produk kaos dalam Comic sebaiknya perlu mengembangkan kembali kualitas produk. Untuk segi marketing, perlu meningkatkan pemasaran digital. Untuk segi internal perusahaan, perlu mengembangkan pekerja seperti merekrut admin untuk menjaga konsistensi online, dan mengevaluasi pekerja.

Diterbitkan

2023-02-23