Usulan Peningkatan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko X Dengan Menggunakan Metode Partial Least Square (Pls)
Kata Kunci:
Educational Toys, Brand Awareness, Purchase Decision, Mainan Edukatif, Keputusan PembelianAbstrak
The booming trend of career parents results in a lack of child supervision. Therefore, it is not surprising that parents are very selective in choosing toys for their children. This makes the competition in the children's toy business increasingly stringent and to win the competition requires the right strategy, one of which is by making the brand better known or brand awareness. Store X is a company that produces several types of wooden-based educational toys. This brand has a problem with branding. Therefore Store X needs to evaluate brand awareness so that the brand can be better known. This study aims to analyze the effect of brand awareness on purchasing decisions at Store X and to provide suggestions to Store X that can increase brand awareness. Respondents are Store X customers. The method used is Partial Least Square (PLS) and by using variable factors that influence brand awareness, namely, advertising, product and tagline. The results of the research show that advertisements and slogans influence purchasing decisions partially or simultaneously. Product variables have a positive effect on purchasing decisions.
Abstrak
Marak nya trend orang tua karir mengakibatkan kurangnya pengawasan anak. Oleh sebab itu tidak heran jika para orang tua menjadi sangat selektif dalam pemilihan mainan untuk sang anak. Hal tersebut menjadikan persaingan bisnis mainan anak semakin ketat dan untuk memenangkan persaingan dibutuhkan strategi yang tepat salah satunya dengan membuat merek lebih dikenal atau brand awareness. Toko X merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi beberapa jenis mainan edukatif berbahan dasar kayu. Brand ini memiliki masalah pada branding. Oleh karena itu Toko X perlu melakukan evaluasi menganai brand awareness agar brand dapat lebih dikenal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian di Toko X serta memberikan usulan kepada Toko X yang dapat meningkatkan brand awareness. Responden merupakan pelanggan Toko X. Metode yang digunakan Partial Least Square (PLS) dan dengan menggunakan variabel faktor yang mempengaruhi brand awareness yaitu, advertising, product dan tagline. Hasil penelitian menunjukan bahwa iklan dan slogan berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara parsial maupun secara simultan. Variabel produk berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian.