Usulan Peningkatan Produktivitas Pemasaran pada CV Rabbani Asysa Melalui Sudut Pandang Marketing 4.0

Penulis

  • Firman Nur Aziz
  • Lauditta Irianti
  • Abu Baka

Kata Kunci:

Marketing 4.0, customer path 5A, keputusan pembelian, Metrik PAR, BAR

Abstrak

Berubahnya sistem jual-beli dari tradisional ke digital kini mulai terasa di Indonesia dengan munculnya banyak platform jual beli online yang mulai diminati akhir-akhir ini. Banyak perusahaan mulai terdisrupsi dengan perubahaan marketing yang mulai mengarah ke pasar digital. Diketahui besarnya penjualan online pada Rabbani masih 5% dari target 30% di tahun 2021. Pengukuran produktivitas pemasaran diera ini untuk brand Rabbani dapat diukur menggunakan metrik Purchase Action Ratio (PAR) dan Brand Advocacy Ratio (BAR) dengan bantuan variabel customer path 5A sebagai variabel yang mewakili sudut pandang marketing 4.0. Metode analisis tambahan yang bisa digunakan yaitu analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh variabel customer path 5A terhadap Keputusan Pembelian. Hasil penelitian yaitu produktivitas pemasaran pada Rabbani untuk saat ini yaitu PAR sebesar 95,9% dan BAR sebesar 94%, dengan pola karakteristik pelanggan yaitu berbentuk gagang pintu yang identik dengan produk yang dijual bersaing ketat. Usulan yang perlu diperhatikan pada produk Rabbani adalah pemasaran yang berorientasi pada manusia untuk daya tarik merek.

Diterbitkan

2023-02-23