Peningkatan Kualitas Pelayanan Kafe Kopi Cilik Berdasarkan Dimensi Servqual dan Importance Performance Analysis
Kata Kunci:
Service Quality, Importance performance analysis, Tree DiagramAbstrak
Cafe Kopi Cilik is a business engaged in the culinary field, where the café provides various types of coffee to snacks. There is a problem that occurs in this Little Coffee Café where there is a decrease in sales and get several complaints about existing services. Therefore, further research was carried out on the quality of services provided by the Little Coffee Café using the Service Quality Dimension and Importance performance analysis (IPA) and the proposal used the Tree Diagram. Based on data processing using Importance performance analysis (IPA) there are 4 attributes that are the main priority for improvement, namely having comfortable seats, having adequate parking spaces, having facilities (waiting chairs) for online ordering, safety of goods owned by customers. Proposed improvements that can be made are adding cushions or foam to the chair, adding foam pads to the back of the chair, raising the table by adding wooden beams up to 8 cm high. Renting a parking lot, because there is a vacant lot near the café that is quite large, m six parking attendants by the café, so that the parking provided can be filled with consumer vehicles efficiently, create a special lane for online booking, Add waiting seats for online booking, repair CCTV on the 1st floor and m six CCTV units on the 2nd floor and outside the café.
Abstrak
Kafe Kopi Cilik merupakan usaha yang bergerak pada bidang kuliner, dimana kafe tersebut menyediakan berbagai jenis kopi hingga cemilan. Terdapat permasalah yang terjadi pada Kafe Kopi Cilik ini dimana terjadi penurunan penjualan serta mendapat beberapa keluhan mengenai pelayanan yang ada. Oleh karena itu dilakukannya penelitian lebih lanjut mengenai kualitas pelayanan yang diberikan oleh Kafe Kopi Cilik dengan menggunakan Dimensi Service Quality serta Importance performance analysis (IPA) dan usulannya menggunakan Tree Diagram. Berdasarkan pengolahan data menggunakan Importance performance analysis (IPA) terdapat 4 atribut yang menjadi prioritas utama untuk dilakukannya perbaikan yaitu memiliki tempat duduk yang nyaman, memiliki tempat parkir yang memadai, memiliki fasilitas (kursi tunggu) untuk pemesanan online, keamanan barang yang dimiliki pelanggan. Usulan perbaikan yang dapat dilakukan yaitu menambahkan bantalan atau busa pada kursi, menambahkan bantalan busa untuk sandaran kursi, meninggikan meja dengan menambah balok kayu setinggi 8 cm. Menyewa lahan parkir, karena terdapat lahan kosong di dekat kafe yang cukup luas, menambah petugas parkir oleh pihak kafe, agar parkiran yang disediakan dapat diisi kendaraan konsumen dengan efisien, membuat jalur khusus untuk pemesanan online, Menambahkan kursi tunggu untuk pemesanan online, memperbaiki CCTV pada lantai 1 serta menambah unit CCTV pada lantai 2 dan luar kafe.