Usulan Strategi Perusahaan Berdasarkan Posisi Perusahaan Menggunakan Metode Matriks IE di Resto X

Penulis

  • MUHAFFANAH Program Studi Teknik industri, Institut Teknologi Nasional
  • ASTERINA FEBRIANTI Program Studi Teknik industri, Institut Teknologi Nasional
  • RATNA PUSPITANINGSIH Program Studi Teknik industri, Institut Teknologi Nasional

Kata Kunci:

IFAS, EFAS, Matrix IE, Corporate Strategy, Strategi Perusahaan

Abstrak

X Resto is one of the small companies in the culinary field with burgers as its main product. The existence of X Resto is not widely known by many people, because only a few consumers that have tried X Resto products and do not make a profit from selling products. The current condition of the company's strategy is the marketing that are less creative, do not know how to deal with competitors, and the location of the company. This is due to the lack of corporate strategic planning that does not know the strengths, weaknesses, opportunities, and threats needed to be able to survive against competitors. Therefore, research is needed that aims to provide a proposal for a company strategy that will be carried out in order to survive with other companies. This research uses the IE Matrix method. Based on the results of the IE matrix X Resto is in quadrant V. Suggested strategy is not to be aggressive by maintaining the company's existence, including increasing internal resources, product development, and new market penetration.

Abstrak 

Resto X merupakan salah satu perusahaan kecil di bidang kuliner dengan burger sebagai produk utamanya. Keberadaan Resto X tidak banyak diketahui oleh banyak orang, sehingga menyebabkan hanya sedikit konsumen yang sudah mencoba produk Resto X dan tidak memperoleh profit dari penjualan produk. Kondisi strategi perusahaan saat ini ialah cara dalam memasarkan produk yang kurang kreatif, tidak mengetahui cara menghadapi para pesaing, dan lokasi perusahaan. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya perencanaan strategi perusahaan yang tidak mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dibutuhkan untuk dapat bertahan menghadapi para pesaing. Oleh karena itu diperlukannya penelitian untuk memberikan usulan strategi perusahaan yang akan dijalankan agar dapat bertahan dengan perusahaan sejenis. Penelitian ini menggunakan metode Matriks IE. Berdasarkan hasil matriks IE Resto X berada pada kuadran V. Strategi yang disarankan ialah tidak bersifat agresif dengan mempertahankan eksistensi perusahaan, diantaranya meningkatkan sumber daya internal, pengembangan produk, dan penetrasi pasar baru.

Diterbitkan

2024-12-09