ANALISIS ATRIBUT BRAND EQUITY PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA PADA PT X

Penulis

  • FERGHINA SYIFA NURFADHILAH Program Studi Teknik industri, Institut Teknologi Nasional
  • LAUDITTA IRIANTI Program Studi Teknik industri, Institut Teknologi Nasional

Kata Kunci:

Jasa Pengiriman, Keputusan Pembelian, Brand Equity, Analisis Regresi Linier Berganda

Abstrak

PT X is a company engaged in the field of freight forwarding services. During the Covid-19 pandemic, there was a decrease in the volume of goods delivery to PT X. In addition, there were several problems that occurred, namely competition between other delivery services and also PT X which was not included in the Top Brand Index Phase 2 of 2021-Year 2022. To analyze what happened to PT X, an analysis of brand equity attributes that affect purchasing decisions is carried out. The analysis used is multiple linear regression analysis. The output resulting from multiple linear regression analysis is to determine the relationship or influence between brand equity attributes and purchasing decision variables. The results of this study show that there are 3 brand equity attributes that have a significant effect on the var of purchasing decisions, while if assessed simultaneously, then all brand equity attributes have a simultaneous positive influence on decision variables and have an R Adjusted Square value of 73.5% which indicates the brand equity attribute has a contribution of 73.5% to the purchasing decision variable.

AbstrakĀ 

PT X merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang jasa pengiriman barang. Semasa pandemi Covid-19, terjadi penurunan volume pengiriman barang pada PT X. Selain itu, terdapat beberapa permasalahan yang terjadi yaitu persaingan antar jasa pengiriman lainnya dan juga PT X yang tidak masuk dalam Top Brand Index Fase 2 Tahun 2021-Tahun 2022. Untuk menganalisis apa yang terjadi pada PT X, dilakukan analisis atribut brand equity yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Output yang dihasilkan dari analisis regresi linier berganda adalah untuk mengetahui hubungan atau pengaruh antara atribut brand equity dengan variabel keputusan pembelian. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 3 atribut brand equity yang berpengaruh secara signifikan terhadap variabel keputusan pembelian, sedangkan jika dinilai secara simultan, maka keseluruh atribut brand equity memiliki pengaruh yang positif secara simultan terhadap variabel keputusan dan memiliki nilai R Adjusted Square sebesar 73,5% yang menandakan atribut brand equity memiliki kontribusi sebesar 73,5% terhadap variabel keputusan pembelian.

Diterbitkan

2024-12-09