Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Berdasarkan Dimensi Healthqual dan Kano Model di RS X

Penulis

  • MUHAMMAD NAUFAL MAHARDIKA Fakultasi Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional
  • ARIE DESRIANTY Fakultasi Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan Kesehatan, Model Kano, Tree Diagram

Abstrak

Hospital X is a medical healthcare provider that focuses on heart diseases and aims to conduct an evaluation to enhance the quality of healthcare services by identifying root problems using the Kano Model. This research employs the Kano Model to assess the consistency of consumer perceptions regarding attributes by categorizing attributes, applying the Kano Model calculations, and measuring satisfaction levels. Through attribute categorization, prioritized attributes are determined, and a prioritized improvement strategy is developed using a tree diagram. Attributes requiring  Improvement based on priority include C12 (Reasonable treatment costs), A3 (Patients receive appropriate services in the hospital room), D14 (Prompt medical treatment response when needed by patients), and D15 (Nurses provide clear and easily understandable information). 

Abstrak

Rumah Sakit X merupakan penyedia layanan kesehatan medis yang berfokus pada penyakit jantung, yang menginginkan melakukan evaluasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dengan mengidentifikasi akar permasalahan menggunakan Model Kano. Penelitian ini menggunakan Model Kano untuk mengevaluasi konsistensi persepsi konsumen terkait atribut, dengan melakukan pengkategorian atribut dan perhitungan Model Kano, serta mengukur tingkat kepuasan. Melalui pengkategorian atribut, ditetapkan atribut yang harus diprioritaskan, dan dilakukan pengurutan prioritas perbaikan dengan menyusun strategi menggunakan tree diagram. Atribut yang perlu diperbaiki berdasarkan prioritas termasuk C12 (Biaya pengobatan yang wajar), A3 (Dikamar inap pasien mendapatkan pelayanan yang sesuai), D14 (Respon pengobatan medis yang cepat disaat pasien membutuhkan) dan D15 (Perawat memberikan informasi yang jelas dan mudah dipahami).

Diterbitkan

2024-12-09