USULAN PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU PAKAIAN MENGGUNAKAN METODE INTERPRETIVE STUCURAL MODELING (ISM) DAN ANALYTICAL NETWORK PROCESS (ANP)

Penulis

  • SEPTIANI NUR ALAWIYAH Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional
  • HENDRO PRASSETIYO Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional

Kata Kunci:

Supplier, Interpretive Stuctural Modeling (ISM), Analytical Network Process (ANP), Kriteria, Subkriteria, Asyong Konveksi, Criteria, Sub-Criteria

Abstrak

ABSTRAK
Perusahaan konveksi merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi berbagai macam jenis sandang. Konsumen dapat melakukan order sesuai dengan keinginan konsumen. Konsep yang diterapkan adalah konsep make to order, perusahaan akan mulai melakukan proses produksi ketika sudah terjadi kesepakatan antara konsumen dengan perusahaan. Perusahaan memiliki 3 supplier yang bersedia sebagai penyedia bahan baku yaitu Toko A, Toko C, dan Toko B. Toko A terkadang tidak dapat memenuhi permintaan yang dibutuhkan sehingga perusahan harus beralih ke supplier lain yang menyebabkan kualitas bahan baku berbeda, karena dalam pemilihan supplier perusahaan hanya mengandalkan intuisi dan pengalaman saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan usulan pemilihan supplier menggunakan metode Interpretive Structural Modeling (ISM) dan Analytical Network Process (ANP). Hasil penelitian didapatkan 10 subkriteria dan 5 kriteria utama pemilihan supplier. Urutan supplier dengan bobot tertinggi ialah Toko B, Toko A, dan Toko C.
Kata kunci
: Supplier, Interpretive Stuctural Modeling (ISM), Analytical Network Process (ANP), Kriteria, Subkriteria, Asyong Konveksi

ABSTRACT
Convection is a company that produces various types of clothing. Consumers can place orders according to the consumer's wishes. The concept applied is the concept of make to order, the company will start the production process when there is an agreement between consumers and the company. The company has 3 suppliers who are willing as raw material providers, namely CV Walnut, Store C, and Store B. Store A sometimes can not meet the required demand so the company must switch to another supplier that causes the quality of raw materials to be different, because in the selection of suppliers the company only relies on intuition and experience only. The purpose of this study is to provide supplier selection proposals using interpretive structural modeling (ISM) and analytical network process (ANP) methods. The results of the study obtained 10 subcriteria and 5 main criteria for supplier selection. The order of suppliers with the highest weight is Store B, Store A, dan Store C.
Keywords: Supplier, Interpretive Structural Modeling (ISM), Analytical Network Process (ANP), Criteria, Sub-Criteria.

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-03