Rancangan Model Bisnis CV. EMBA dengan Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas

Penulis

  • Rifki Muhamad Riyadi Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Sugih Arijanto Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Bandung

Kata Kunci:

Business Model Canvas, Business Environment Analysis, SWOT Analysis, Value Proposition Canvas, Car Repair Services

Abstrak

ABSTRAK
CV EMBA merupakan bisnis yang baru dibuka dan bergerak dalam bidang jasa reparasi mobil. Untuk mengetahui bagaimana bisnis tersebut dapat memberikan peluang dan juga bertahan dalam persaingan, maka diperlukan strategi bisnis untuk mengevaluasi seluruh aspek bisnis yang dijalankan pada bisnis reparasi mobil. Oleh karena itu, maka dibutuhkan adanya analisis terhadap model bisnis reparasi mobil sehingga dapat dilakukan perancangan dan juga melakukan improvement terhadap model bisnis tersebut. Perancangan model bisnis CV EMBA pada penelitian ini dilakukan dengan pendekatan business model canvas. Penelitian diawali dengan melakukan benchmark terhadap beberapa bisnis perawatan sepatu yang sudah berjalan dengan menggunakan data dari studi literatur untuk mengetahui model bisnis eksisting dari bisnis reparasi mobil, kemudian melakukan analisis lingkungan bisnis yang didapatkan dari hasil observasi, setelah itu dilakukan pengambilan data aspirasi pemilik bisnis untuk mengetahui aspirasi bagi bisnisnya dengan cara melakukan wawancara, dan kemudian pengambilan data dari para konsumen dengan atau customer profile dengan menyebarkan kuesioner kepada para konsumen dan konsumen diminta untuk mengisi kuesioner tersebut. Setelah itu dilakukan analisis SWOT untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman serta dapat merancang strategi bagi model bisnis yang akan diusulkan. Setelah itu dilakukan perancangan value proposition yang kemudian dilakukan proses penyesuaian antara value proposition dengan customer profile. Hasil dari penelitian ini berupa model bisnis usulan dengan pendekatan business model canvas yang ditujukan untuk pihak CV EMBA.

 

ABSTRACT
CV EMBA is a newly opened business and is engaged in car repair services. To find out how the business can provide opportunities and also survive in the competition, a business strategy is needed to evaluate all aspects of the business that is run in the car repair business. Therefore, it is necessary to analyze the car repair business model so that it can be designed and also make improvements to the business model. The design of the CV EMBA business model in this study was carried out with a business model canvas approach. The study begins by benchmarking several shoe care businesses that have been running using data from literature studies to find out the existing business model of the car repair business, then analyzing the business environment obtained from observations, after that data collection on the aspirations of business owners is carried out to find out aspirations for their business by conducting interviews, and then collecting data from consumers with or customer profiles by distributing questionnaires to consumers and consumers are asked to fill out the questionnaire. After that, a SWOT analysis is carried out to evaluate the strengths, weaknesses, opportunities, and threats and can design strategies for the proposed business model. After that, the value proposition is designed and then the adjustment process is carried out between the value proposition and the customer profile. The results of this study are a proposed business model with a business model canvas approach aimed at CV EMBA.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-21 — Diperbaharui pada 2022-07-11

Versi