PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PERUSAHAAN XYZ

Authors

  • Tata Rias Rosadi
  • Sugih Arijanto

Keywords:

Brand Fahsion Lokal, Social media Marketing, Keputusan Pembelian

Abstract

ABSTRAK
Perusahaan XYZ mengalami penurunan penjualan akibat dari pandemi covid-19 dan munculnya perusahaan pesaing yang menjual produk yang sama. Salah satu strategi agar Perusahaan XYZ dapat terus bersaing dan meningkatkan penjualan dengan melakukan social media marketing di Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh social media marketing Instagram terhadap keputusan pembelian pada Perusahaan XYZ dengan metode analisis regresi linear berganda, sehingga kedepannya akan memudahkan pihak Perusahaan XYZ dalam mengambil langkah-langkah social media marketing di Instagram untuk meningkatkan penjualan dan dapat terus bersaing dengan perusahaan pesaing. Hasil penelitian menyatakan bahwa social media marketing signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan social media marketing mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 56.6%.
 
ABSTRACT
Perusahaan XYZ experienced a decline in sales due to the covid-19 pandemic and the emergence of competing companies selling the same products. One strategy for Perusahaan XYZ to continue to compete and increase sales is by doing social media marketing on Instagram. This study aims to analyse the effect of Instagram social media marketing on purchasing decisions at Perusahaan XYZ using the multiple linear regression analysis method, so that in the future it will make it easier for Perusahaan XYZ to take social media marketing steps on Instagram to increase sales and continue to compete with competing companies. The results of the study state that social media marketing has a significant effect on purchasing decisions and social media marketing influences purchasing decisions by 56.6%.

Published

2024-12-09