Sistem Perusahaan dan Usulan Untuk Meramalkan Permintaan Konsumen pada Produk Cardigan Laviola Menggunakan Metode Forecasting pada Perusahaan X
Kata Kunci:
Forecasting Consumer Demand, Forecasting, Linear Regression (LR), Peramalan Permintaan KonsumenAbstrak
Company Cv. Eka Jaya Mandiri is a company engaged in the clothing industry inthe form of knitwear. CV X produces various kinds of knitwear such as knit shirts, knit vests, knit cardigans, and also knit skirts. The Laviolacardigan knit shirt is one of the knitwear that is in great demand by consumers, the production process of the Laviola cardigan knitwear begins with taking rawmaterials in the form of wool yarn, the process of making the pieces of clothingwith a knitting machine, the process of joining the pieces of clothing withalinking machine, trimming the seams with serger, product inspection, and packaging. Diverse or
fluctuating consumer demand makes it difficult for thecompany to determine the amount of production and the company still uses manual calculations by looking at last year's data. These problems can be minimizedbyusing the Linear Regression (LR) forecasting method to make it easier for companies to prepare a better production. Based on the data processing carriedout, the Company should increase the operator's working hours and increasethe number of machines for the Company because in the 13-24 periodconsumer demand will continue to
increase. Keywords: Forecasting Consumer Demand, Forecasting, and Linear Regression (LR)
Perusahaan Cv. Eka Jaya Mandiri merupakan suatu Perusahaan yang bergerak pada bidang industri pakaian berupa pakaian rajut. CV X memproduksi bermacam-macam pakaian rajut seperti baju rajut, rompi rajut, cardigan rajut, dan juga rok rajut. Baju rajut cardigan Laviola merupakan salah satu baju rajut yang sangat diminati oleh konsumen, proses produksi baju rajut cardigan laviola tersebut dimulai dengan mengambil bahan baku berupa benang woll, proses pembuatan potongan baju dengan mesin rajut, proses penyatuan potongan baju
dengan mesin linking, perapihan jahitan dengan mesin obras, pemeriksaan produk, dan pengemasan. Permintaan konsumen yang beragam atau berfluktuatif mengakibatkan perusahaan sulit untuk menentukan jumlah produksinya dan Perusahaan masih menggunakan perhitungan manual dengan melihat data tahun lalu. Permasalahan tersebut dapat diminimalisir menggunakan dengan forecasting metode Linear Regression (LR) untuk
memudahkan perusahaan dalam mempersiapkan sebuah produksi yang lebih baik. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan, Perusahaan sebaiknya menambah jam kerja operator, dan menambah jumlah mesin untuk Perusahaan karena pada periode 13-24 permintaan konsumen akan terus meningkat.
Kata Kunci: Peramalan Permintaan Konsumen, Forecasting, dan Linear Regression (LR)