REKOMENDASI PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK PRIVATE LABEL BERDASARKAN ANALISIS PENGARUHBRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. XYZ DENGAN METODE SEM-PLS

Penulis

  • Sarah Pebiyanti Fakultas Teknik Industri Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Lauditta Irianti Fakultas Teknik Industri Institut Teknologi Nasional Bandung

Kata Kunci:

Brand image, purchase decision., private label, SEM-PLS, Citra merek, keputusan pembelian, label pribadi

Abstrak

One of the ways to improve purchasing decisions is by increasing the brand image of a product. Likewise with private label products which have less sales because many consumers decide to buy based on the brand, one of which is private label from PT. Primary Accord isXYZ. The purpose of this study is to provide recommendations for increasing sales of private label products through analysis of the relationship between brand image and purchase decision variables.The research was conducted using the Structural Equation Modeling –
Partial Least Square (SEM-PLS) method. The indicators used in this study each variable consisted of 4 indicators, by distributing a questionnaire consisting of 8 items of brand image variables and 7 items of purchase decision variables obtained by 47 respondents with only45 respondents meeting the criteria. Based on the research results, the brand image variable influences purchasing decisions significantly with a t-statistic value of 6,532 and an r-squareof
40.3%. The most influential indicators are friendly, useful, and popular based on brandimage variables and product selection and shopping place selection based on purchasing decisions. Proposals to increase sales of private label products, namely by giving each product a name that is easy to remember, providing promotions or advertisements that show if XYZ products can be used properly, increasing product variety and product uniquenesswhich if it can attract
and convince consumers of XYZ, increasing number of outlets by looking at strategic and easy-to-visit places and maintaining product prices so that every need of various consumers can be fulfilled. Keywords: Brand image, purchase decision, private label, SEM-PLS.

Peningkatan keputusan pembelian dapat dilakukan salah satunya dengan cara meningkatkan citra merek sebuah produk. Begitu juga dengan produk private label yang memiliki penjualan yang kurang karena banyaknya konsumen yang memutuskan pembelian melihat dari merek, salah satunya private label dari PT. XYZ yaitu XYZ. Tujuan penelitian ini untuk memberikan rekomendasi peningkatan penjualan produk private label melalui analisis hubungan variabel brand image terhadap variabel keputusan pembelian. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling – Partial Least Square (SEMPLS). Indikator yang digunakan dalam penelitian ini masing-masing variabel terdiri dari 4 indikator, dengan penyebaran kuesioner yang terdiri dari 8 item variabel brand image dan 7 item variabel keputusan pembelian didapat 47 responden dengan yang memenuhi kriteria hanya 45 responden. Berdasarkan hasil penelitian variabel brand image mempengaruhi keputusan pembelian secara signifikan dengan nilai t-statistic sebesar 6.532, dan r-square sebesar 40,3%. Indikator yang paling berpengaruh yaitu friendly, useful, dan popular
berdasarkan variabel brand image serta pemilihan produk dan pemilihan tempat belanja berdasarkan keputusan pembelian. Usulan untuk dapat meningkatkan penjualan produk private label yaitu dengan cara memberikan nama setiap produk yang mudah untuk diingat, memberikan promosi atau iklan yang memperlihatkan jika produk XYZ dapat digunakan dengan baik, meningkatkan variasi produk dan keunikan produk yang sekiranya dapat menarik dan meyakinkan konsumen terhadap XYZ, memperbanyak outlet dengan melihat
tempatnya yang strategis dan mudah untuk dikunjungi serta mempertahankan harga produk agar setiap kebutuhan berbagai konsumen dapat terpenuhi.
Kata kunci: Citra merek, keputusan pembelian, label pribadi, SEM-PLS

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-09