Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Merek Velldei Dengan Metode PLS (Partial Least Square)
Kata Kunci:
Brand Image, PLS-SEM, Purchase Decision, Velldei Clothing Brand, Keputusan Pembelian, Merek Pakaian VelldeiAbstrak
A company need to innovate and create a product that has a quality, but also need a good brand image to gain consumers loyalty. When using a product with a good brand image, consumers will feel comfortable and trust the brand, so eventually they will continue to use products. This research is to analyze the influence of brand image on purchase decision to buy Velldei clothing. The research was conducted using the PLS-SEM method, and the variables that used in this research were brand image as the exogenous or influencing variable and purchase decision as the endogenous or influenced variable. Based on the results of collecting and processing the research data, the majority of Velldei consumers are aged 17–25 years and are students. It is also known that the brand image variable has a positive and significant effect on purchase decisions, which means the higher brand image of Velldei, the higher also consumers purchase decision for Velldei products.
Abstrak
Perusahaan perlu melakukan inovasi dan menciptakan produk yang berkualitas, akan tetapi perusahaan juga membutuhkan citra merek yang baik untuk mendapatkan loyalitas konsumen terhadap perusahaan. Apabila menggunakan produk dengan citra merek yang baik, konsumen akan merasa nyaman dan percaya sehingga konsumen terus menerus menggunakan produk mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari brand image terhadap keputusan pelanggan untuk membeli pakaian Velldei. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode PLS-SEM dan variabel yang digunakan adalah brand image sebagai variabel eksogen atau variabel yang mempengaruhi dan keputusan pembelian sebagai variabel endogen atau variabel yang dipengaruhi. Berdasarkan hasil dari pengambilan dan pengolahan data penelitian, diketahui mayoritas konsumen Velldei berusia 17-25 tahun dan merupakan pelajar/mahasiswa. Diketahui juga bahwa variabel brand image berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, yang berarti semakin tinggi brand image dari Velldei maka akan semakin meningkatkan keputusan pembelian konsumen terhadap produk Velldei.