USULAN ATRIBUT JASA TRANSPORTASI KERETA API ARGO PARAHYANGAN BERDASARKAN PREFERENSI KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE CONJOINT ANALYSIS

Penulis

  • Mochammad Nurman Rifandi
  • Yuniar

Kata Kunci:

atribut preferensi konsumen, metode conjoint analysis., attribute based on consumer preference, conjoint analysis method.

Abstrak

ABSTRAK
Kereta Api Indonesia (KAI) merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menyediakan jasa angkutan menggunakan kereta api. Kereta api Argo Parahyangan merupakan kereta api yang memiliki jadwal keberangkatan cukup banyak dibandingkan dengan kereta api lainnya di wilayah DAOP II.Perusahaan ingin meningkatkan kualitas jasa kereta api Argo Parahyangan agar menjadi solusi transportasi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Berdasarkan hal tersebut, maka pada penelitian ini akan dilakukan penentuan atribut berdasarkan preferensi konsumen. Pada penelitian ini untuk mengetahui atribut yang dianggap penting bagi konsumen digunakan metode conjoint analysis. Metode conjoint analysis merupakan metode yang secara spesifik digunakan untuk memahami bagaimana keinginan konsumen terhadap suatu produk maupun jasa dengan mengukur nilai kepentingan dari setiap atribut berdasarkan preferensi konsumen. Dari penelitan yang dilakukan hasil yang didapat yaitu, atribut dan taraf atribut yang didapatkan dari hasil pengolahan data rekap kuesioner menggunakan conjoint analysis dengan melihat nilai importance value dan nilai utility.
Kata Kunci: atribut preferensi konsumen, metode conjoint analysis

 

ABSTRACT
Kereta Api Indonesia (KAI) is one of the State-Owned Enterprises that provides transportation services using trains. The Argo Parahyangan train is a train that has quite a lot of departure schedules compared to other trains in the DAOP II area. The company wants to improve the quality of the Argo Parahyangan train service so that it becomes a transportation solution that suits consumer needs. Based on this, this research will determine the attributes based on consumer preferences. In this study, to determine the attributes that are considered important for consumers, the conjoint analysis method is used. The conjoint analysis method is a method that is specifically used to understand how consumers want a product or service by measuring the importance value of each attribute based on consumer preferences. From the research conducted, the results obtained are, attributes and attribute levels obtained from the results of processing the questionnaire recap data using conjoint analysis by looking at the importance value and utility value.
Keywords: attribute based on consumer preference, conjoint analysis method

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-03