Usulan Strategi Perusahaan PT Progressio Indonesia Menggunakan Analisis SWOT dan Matriks QSPM
Kata Kunci:
SWOT, QSPM, strategy, IFE and EFEAbstrak
ABSTRAK
PT Progressio adalah perusahaan konveksi pakaian seragam dan furniture yang berdiri pada tanggal 08 Februari 1999. Dari hasil wawancara didapat bahwa penjualan produk konveksi PT Progressio tahun 2019 mengalami penurunan yang cukup besar yaitu sebesar 30%. Di masa pandemik penjualan semakin mengalami penurunan hingga mencapai 80%. Penurunan penjualan yang terjadi secara terus menerus dapat membuat perusahaan mengalami kerugian, oleh karena itu salah satu langkah yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan adalah melakukan evaluasi terhadap strategi perusahaan. Pada penelitian ini metode yang digunakan untuk mendapatkan usulan strategi perusahaan adalah metode analisis SWOT (strength¸weakness, opportunity, threats). Pada matriks SWOT strategi perusahaan dibuat berdasarkan data kekuatan dan kelemahan internal perusahaan, peluang eksternal perusahaan dan ancaman yang dapat terjadi pada perusahaan. Dari matriks IFE dan EFE diketahui bahwa perusahaan berada pada kuadran III dengan strategi yang tepat adalah memaksimalkan peluang dengan menguranngi ancaman dan meminimalkan kelemahan serta meningkatkan kekuatan perusahaan Hasil dari analisis SWOT didapatkan 10 strategi pemasaran yang kemudian menggunakan matriks QSPM didapat 3 strategi prioritas yaitu mengembangkan variasi produk, mengembangkan media pemasaran online dan meningkatkan pelayanan melalui online dengan selalu meng-update web.
ABSTRACT
PT Progressio is a uniform clothing and furniture convection company that was established on February 8, 1999. From the interview results, it was found that the sales of PT Progressio's convection products in 2019 experienced a fairly large decline, namely by 30%. During the pandemic, sales have decreased by up to 80%. The decline in sales that occurs continuously can make the company suffer losses, therefore one of the steps that can be taken by the company to increase sales is to evaluate the company's strategy. In this study, the method used to obtain the company's strategy proposal is the SWOT analysis method (strengthweakness, opportunity, threats). In the SWOT matrix the company's strategy is made based on data on the company's internal strengths and weaknesses, the company's external opportunities and threats that can occur to the company. From the IFE and EFE matrices it is known that the company is in quadrant III with the right strategy is to maximize opportunities by reducing threats and minimizing weaknesses and increasing company strengths, develop online marketing media and improve services through online by always updating the web. Keywords: SWOT, QSPM, strategy, IFE and EFE
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2022-07-11 (2)
- 2022-06-21 (1)