Usulan Strategi Bauran Pemasaran Pakaian Syar’i Berdasarkan Preferensi Dan Persepsi Konsumen Menggunakan Multidimensional Scaling

Penulis

  • RAHMATUL ANNISA Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • YUNIAR Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Bandung

Kata Kunci:

Yunia Syar’i, Preferensi dan Persepsi, Metode Multidimensional Scaling, Usulan Strategi Pemasaran, Preference and Perception, Multidimensional Scaling Method, Proposed Marketing Mix Strategy.

Abstrak

ABSTRAK
Penurunan penjualan mendorong pihak manajemen Yunia Syar’i untuk melakukan evaluasi ulang terhadap strategi bauran pemasaran produk pakaian syar’i. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan usulan strategi bauran pemasaran produk pakaian syar’i dengan menggunakan metode multidimensional scaling pada perusahaan Yunia Syar’i. Atribut penelitian yaitu variasi jenis produk, variasi ukuran, variasi warna, kualitas produk, kualitas bahan, desain produk, variasi harga, kesesuaian harga dengan kualitas produk, potongan harga, reseller mudah diakses, kemudahan dalam memperoleh produk, daya tarik promosi, dan variasi bentuk promosi. Dari pengolahan data preferensi dan persepsi konsumen didapatkan bauran pemasaran yang dipentingkan konsumen dalam memilih pakaian syar’i yaitu bauran pemasaran produk dengan pesaing terdekat Mauza Syar’i. Usulan strategi bauran pemasaran adalah untuk peningkatan atribut variasi jenis produk, variasi ukuran, variasi warna, variasi harga, potongan harga, reseller mudah diakses, kemudahan dalam memperoleh produk, daya tarik promosi, dan variasi bentuk promosi.

 

ABSTRACT
The decline in sales prompted the management of Yunia Syar'i to re-evaluate the marketing mix strategy of Islamic clothing products. The purpose of this study is to propose a marketing mix strategy for syar'i clothing products using the multidimensional scaling method at the Yunia Syar'i company. The research attributes are variations in product types, size variations, color variations, product quality, material quality, product design, price variations, price conformity with product quality, price discounts, easily accessible resellers, ease of obtaining products, promotional attractiveness, and variations in shape. promotion. From the data processing of consumer preferences and perceptions, it is found that the marketing mix that is prioritized by consumers in choosing syar'i clothing is the product marketing mix with the closest competitor, Mauza Syar'i. The proposed marketing mix strategy is to increase the attributes of product type variations, size variations, color variations, price variations, price discounts, easy access to resellers, ease of obtaining products, promotional attractiveness, and variations in promotion forms.

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-03