Usulan Strategi Pemasaran pada UD XYZ Menggunakan Metode SWOT Dan QSPM
Kata Kunci:
IFAS Matrix, EFAS, IE, SWOT, QSPMAbstrak
UD XYZ is a company engaged in the food sector which is loacted in Prambanan District, Central Java. This UD (Trade Business) was founded by Mrs. Pariyah in 2012 which produces breadfruit sticks. UD has distributed its products to several areas on the island of Java, namely Bandung, Jakarta, Tasikmalaya, Surabaya, Blitar and Jepara through those closest to them. At this time, UD XYZ still does not have a marketing strategy in marketing its products and at this time the average level of sales has reached 3 quintals of breadfruit. The company wants an increase in sales to 3.5 quintals of breadfruit, to support the sales plan, the company needs to have the right marketing strategy. The method used to create a marketing strategy is Strengths, Weakness, Opportunity, Threats (SWOT) analysis. SWOT is a strategy that can systematically identify internal and external factors, after the results of alternative strategies are obtained in the SWOT matrix, then the results of these alternative strategies will be calculated using the QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) analysis. Alternative strategies with the greatest value will be prioritized as proposals to the company. The result of the calculation of the IFAS matrix is 3.09 and the EFAS is 2.65 which shows the company's position in cell IV which has the meaning of describing a growth and build (grow and build). In designing the SWOT matrix, there are seven alternative marketing strategies. In designing the QSPM matrix, it is concluded that there are three main alternative strategies to be proposed to the company.
Abstrak
UD XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pangan yang terletak di Kecamatan Prambanan Prambanan, Jawa Tengah. UD (Usaha Dagang) ini didirikan oleh ibu Pariyah pada tahun 2012 yang memproduksi stick sukun. UD ini telah mendistribusikan produknya ke beberapa daerah di pulau jawa yaitu Bandung, Jakarta, Tasikmalaya, Surabaya, Blitar, dan Jepara melalui orang terdekatnya. Pada saat ini UD XYZ masih belum strategi pemasaran dalam memasarkan produknya dan pada saat ini tingkat rata-rata penjualan sudah mencapai 3 kuintal buah sukun. Perusahaan menginginkan terjadinya peningkatan penjualan menjadi 3,5 kuintal buah sukun, untuk mendukung perencanaan penjualan tersebut maka perusahaan perlu memiliki strategi pemasaran yang tepat. Metode yang digunakan untuk membuat strategi pemasaran ialah analisis Strengths, Weakness, Opportunity, Threats (SWOT). SWOT merupakan salah satu strategi yang dapat mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal secara sistematis, setelah hasil alternatif strategi didapatkan pada matriks SWOT kemudian hasil alternatif strategi tersebut akan dihitung nilai prioritasnya menggunakan analisis QSPM (Quantitative Strategic Planning Matriks). Alternatif strategi yang nilainya terbesar akan diprioritaskan sebagai usulan kepada perusahaan. Hasil perhitungan matriks IFAS yaitu 3,09 dan EFAS yaitu 2,65 yang menunjukan posisi perusahaan pada sel IV yang memiliki arti menggambarkan suatu pertumbuhan dan membangun (grow and build). Pada perancangan matriks SWOT didapatkan tujuh alternatif strategi pemasaran. Pada perancangan matriks QSPM disimpulkan terdapat tiga alternatif strategi yang paling utama untuk diusulkan kepada perusahaan.