STRATEGI PERBAIKAN KUALITAS BAJU ECOPRINT WANITA UNTUK MEMINIMASI JUMLAH PRODUK CACATDI CV XYZ MENGGUNAKAN METODE QUALITY CONTROL CIRCLE
Kata Kunci:
Product Quality, Quality Control Circle, Product Defects, PDCA, Kualitas produk, Produk CacatAbstrak
CV XYZ is small business unit engaged in convection specifically for making Ecoprint products. The company currently experiencing problems because produces defects in the product of 9.5% while the defect tolerance set by the company is 5%. Companies need make efforts to minimize defective products produced so that they can comply with established standards. In this study, to minimize defective products, the Quality Control Circle (QCC) method was used by applying the PDCA. Based on the identification that the type of leaf mold
defects not clear produces the largest number of defective products from the 4 types of defects found. The cause of defective product is an error in the production process and several that can affect the resulting. Improvement strategies implemented include making work instructions for each production process and increasing the number of inspections. The implementation results show decrease the number of defective products to 2%. Key Words : Product Quality, Quality Control Circle, Product Defects, PDCA
CV XYZ merupakan unit usaha kecil yang bergerak dalam bidang konveksi khusus dalam membuat produk Ecoprint. Perusahaan saat ini mengalami kendala dikarenakan menghasilkan cacat pada produk sebesar 9,5% sedangkan toleransi cacat yang ditetapkan oleh perusahaan sebesar 5% dari jumlah produksi. Perusahaan perlu upaya dalam meminimasi produk cacat yang dihasilkan sehingga dapat sesuai dengan standar yang ditetapkan. Pada penelitian ini untuk meminimasi produk cacat digunakan metode Quality Control Circle (QCC) dengan menerapkan konsep PDCA. Berdasarkan identifikasi bahwa jenis cacat cetakan daun tidak jelas menghasilkan jumlah produk cacat terbesar dari 4 jenis cacat yang ditemukan. Penyebab terjadinya produk cacat ada kesalahan pada proses produksi dan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi produk cacat dihasilkan. Strategi perbaikan yang diimplementasikan diantaranya pembuatan instruksi kerja dari setiap proses produksi dan penambahan jumlah inspeksi. Hasil implementasi menunjukkan terjadi penurunan jumlah produk cacat menjadi 2%. Kata Kunci : Kualitas produk, Quality Control Circle, Produk Cacat, PDC