IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR BERDASARKAN KATEGORI 3 FOKUS PELANGGAN MALCOLM BALDRIGE CRITERIA FOR PERFORMANCE EXCELLENCE (MBCfPE) YANG MEMPENGARUHI KINERJA UMKM KOTA BANDUNG

Penulis

  • Khairunnisa Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Gita Permata Liansari Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Sugih Arijanto Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Bandung

Kata Kunci:

UMKM, Penilaian Kinerja, MBCfPE, PLS-SEM

Abstrak

ABSTRAK
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan usaha yang memiliki peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Meningkatnya pertumbuhan jumlah UMKM di Indonesia menyebabkan terjadinya persaingan yang kuat antar UMKM. UMKM harus dapat meningkatkan daya saing dan keunggulan kompetitif UMKM dibandingkan pesaing. Cara yang dapat dilakukan ditengah meningkatnya jumlah UMKM yang ada di Indonesia adalah meningkatkan kualitas produk. Peningkatan kualitas produk dapat dilakukan dengan memeunhi harapan pelanggan.Oleh karena itu dibutuhkan penilaian kinerja. Pengukuran kinerja dilakukan untuk mengukur faktor internal dari perusahaan salah satunya dapat diukur menggunakan metode Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE). Penelitian ini ditujukkan untuk mengetahui nilai hubungan antara fokus pelanggan dengan performansi kinerja UMKM yang dilakukan dengan tools Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Penelitian ini dilakukan dengan target responden pelaku UMKM di Kota Bandung. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa suara pelanggan berpengaruh positif dan signifikan dan berkonstribusi sebesar 19,2% terhadap performansi kinerja UMKM Kota Bandung.

ABSTRACT
Micro, Small, and Medium Enterprises are businesses that important. The increasing growth in the number of UMKM in Indonesia led to strong. UMKM must be able to increase the competitiveness and competitive advantage over competitors. The way that can be done in the midst the increasing number of UMKM is to improve the quality products. Improving the quality of the product can be done by improving customer expectations. Therefore, performance assessment is required. Performance measurements performed to measure internal factors, one of which can be measured using the MBCfPE. This research is intended to find out the value of the relationship between customer focus and UMKM performance performed with PLS-SEM. This research was conducted with the target of msme respondents in Bandung. Based on results study, it was found that the voice of customers had a positive and significant effect and contributed 19.2% to the performance of UMKM in Bandung.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-21 — Diperbaharui pada 2022-07-11

Versi